iPhone Menyiapkan Ponsel Tanpa Bezel

iPhone Menyiapkan Ponsel Tanpa Bezel
iPhone Menyiapkan Ponsel Tanpa Bezel
Image : google
Tekno Update Indo - Beberapa produsen smartphone telah merilis ponsel tanpa bezel (frame) dan tampaknya Apple pun mulai tertarik untuk mengikuti tren ini. Kabar dari supplier perusahaan berlogo buah apel itu tengah menggunakan teknologi canggih untuk memproduksi ponsel terbaru tanpa bezel.

Bezel adalah istilah yang digunakan untuk bagian frame luar layar sebuah perangkat. Bezel merupakan salah satu faktor pertimbangan bagi pengembang produk dan desainer dalam membuat sebuah perangkat maupun komponen. Desain terkini memiliki bezel yang makin tipis, menghasilkan layar yang tampak lebih besar. Hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli sebuah perangkat.

Dilansir dari Phonearena, Minggu (14/6/2015), Apple dikabarkan tengah mempertimbangkan menggunakan teknologi in-cell untuk layar iPhone, baik glass-on-glass atau on-cell glass. Salah satu tehnik ini akan digunakan untuk memproduksi smartphone ikonik tanpa bezel.

Salah satu masalah yang akan muncul dengan menggunakan teknologi in-cell adalah tidak responsif terhadap sentuhan di bagian tepi layar. Supplier tersebut mengatakan bahwa Apple tengah berusaha mengembangkan tehnik glass-on-glass pada model iPhone tipis saat ini.

Hal ini memang akan menjadi sedikit sulit bagi Apple untuk memproduksi layar resolusi 4K untuk handset iPhone masa depan. Menurut supplier, perusahaan berbasis di Cupertino itu akan menggunakan kombinasi substrat glass-on-glass dilaminasi dengan film tipis.

Tapi terbaik yang dapat dilakukan Apple sekarang adalah membuat layar tidak lebih tipis dari 8,5mm. Total Party Kill (TPK) percaya dapat mengurangi hingga memiliki ketipisan 7,1mm, seperti terealisasi pada Apple iPhone 6 Plus.

Belum jelas apakah semua ini akan terealisasi untuk iPhone model 2016 atau bahkan lebih dari itu. Apple dan beberapa pemasok kini tengah mengerjakan teknologi baru lainnya.

Mereka berharap akan memproduksi layar responsif sehingga memungkinkan mereka menawarkan layar tanpa bezel. Dengan layar tersebut, Apple akan menawarkan kemampuan baru pada iPhone dengan membuat tepi layar lebih fungsional. Lalu apakah iPhone ini akan dinamakan sebagai iPhone 7 Edge? Siapa yang tahu. Untuk itu kita nantikan kabar terbaru terkait inovasi baru dari Apple ini.

Sementara itu, perusahaan lain seperti ZTE, telah membuat teknologi seperti itu menjadi nyata pada layar tanpa bezel namun tetap fungsional pada bagian tepi layar.

Sumber : Sindonews
Previous
Next Post »